Farewell Party, Perpisahan Himpunan Mahasiswa Sejarah Kabinet Satyagraha

Dokumentasi: Himpunan Mahasiswa Sejarah Kabinet Satyagraha

Rabu-11/03/20 malam hari, bertempat di House of Moo, Himpunan Mahasiswa Sejarah Kabinet Satyagraha (HMS-KS) menggelar acara Farewell Party. Acara itu menjadi kegiatan terakhir yang dilaksanakan oleh Kabinet Satyagraha, sebelum berganti kepengurusan yang selanjutnya. Farewell Party ini sekaligus menjadi perpisahan Kabinet Satyagraha.

Sambutan dari Ketua HMS-KS, Irfan Naufal Haris, menjadi pembuka dari acara tersebut. Lelaki yang memiliki nama panggilan Nopeng ini mengucapkan terima kasih kepada semua pengurus HMS-KS yang telah berjuang untuk himpunan dan khususnya Departemen Sejarah Universitas Diponegoro (Undip).

“Perjalanan hidup yang menarik. Bisa kenal dan dekat dengan kalian semua. Tangis, canda, dan tawa mengiringi setahun perjalanan indah bersama kalian,” ujar Irfan.

Ia juga mengatakan, jika disuruh mengingat apa saja yang telah dilalui bersama HMS-KS satu periode ini, Ia hanya bisa bersedih. “Aku gur iso nangis nek kelingan,” katanya.

Lalu, Nopeng juga berpesan kepada semua pengurus HMS-KS, baik angkatan 2017 maupun angkatan 2018, bahwa meski kepengurusan Satyagraha berakhir, tapi di luar kepengurusan, hubungan kekeluargaan masih tetap ada. “Kita tetap sedulur, tetap saudara. Keluarga dalam Departemen Sejarah Undip,” pesan Irfan.

Senada dengan Irfan, Naufal Sa’ad, selaku Wakil Ketua HMS-KS, juga mengucapkan terima kasih kepada semua pengurus atas kerja samanya selama satu periode kepengurusan. Ia juga meminta maaf apabila Kabinet Satyagraha masih terdapat banyak kekurangan.

“Semoga pengurus selanjutnya bisa lebih baik daripada kepengurusan sekarang. Apa yang kurang dari kabinet Satyagraha bisa diperbaiki. Apa yang sudah baik, ditingkatkan dan dikembangkan lagi,” harapan Sa’ad.

Ketua HMS yang baru, periode 2020, Fadhlylah Sakti Arzyandi, yang juga selaku staf muda divisi Pengabdian Masyarakat dan Kesejahteraan Mahasiswa HMS-KS, menuturkan banyak sekali pembelajaran yang didapatkan selama menjadi pengurus himpunan yang tidak bisa didapatkan dari tempat mana pun.

“Terima kasih untuk kalian, atas semua kerja samanya selama satu tahun ini,” tutur Sakti.

Adapun rangkaian acara Farewell Party tersebut, antara lain: sambutan Ketua HM; makan malam bersama; Sugar CubeGames; dan Sharing Session.

Di sela-sela sharing session, Kepala Departemen Kajian dan Kesejahteraan Sosial HMS-KS, Gumelar Yugi Cahyadi, memberikan pesan dan kesan. Ia mengatakan banyak hal yang didapatkan selama menjadi pengurus HM Sejarah.

 “Banyak sekali kesan yang didapat selama menjadi pengurus di HM Sejarah. Biarlah  kesan itu menjadi kenangan yang membekas dan tidak terlupakan. “Pesannya, untuk kepengurusan selanjutnya bisa lebih baik lagi,” kata Gumelar.

Selain Gumelar, Ayudya Ratih Dewi, Wakil Ketua HM Sejarah tahun 2020, mengatakan acara Farewell Party ini sangat menyenangkan. Lalu, menurut perempuan yang juga sebagai staf muda divisi PSDM HMS-KS ini, pengalaman selama satu periode sangat berkesan.

“Semoga kita masih tetap jadi keluarga di dalam maupun di luar kepengurusan HM. Tetap semangat untuk kalian semua,” pesan Ayud.

Menjelang berakhirnya acara, Gerry Makalusenge selaku Humas HMS-KS, mengatakan jika dirinya sedih karena akhir dari periode kepengurusan sudah di depan mata. “Sedih aku. Tidak terasa sudah demisioner dari HM,” tuturnya.

Acara diakhiri dengan foto bersama, dan juga pembuatan video tiktok. Dalam pantauan penulis, acara berakhir pada pukul 22.00.

Penulis: Airell Luthfan Ababiel

Author: hmsejarah1980

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *