Peresmian Pengurus dan Rapat Kerja, Langkah Awal untuk Himpunan Mahasiswa Sejarah Periode 2021

Peresmian pengurus baru Himpunan Mahasiswa Sejarah 2021 resmi dilakukan pada hari Sabtu (27/02). Acara ini dimulai sejak pukul 08.15 WIB dan dibuka oleh MC yaitu Muhamad Irsyad Fadhila pada pukul 08.30 WIB. Lalu dilanjutkan dengan pemutaran lagu Indonesia Raya dan dan Mars Universitas Diponegoro. Acara ini dihadiri oleh Kepala Program Studi Sejarah yaitu Bapak Dhanang Respati Puguh yang juga memberikan kata sambutan dan menyampaikan tentang program-program kampus seperti kewirausahaan, KMB (Konsorsium Merdeka Belajar), serta PKM. Di akhir sambutan beliau menyampaikan sedikit wejangan, dimana HM diharapkan dapat menjadi motor penggerak dari mahasiswa itu sendiri dalam berbagai program yang dicanangkan khususnya Departemen Sejarah dan Universitas pada umumnya.

            Selain itu, hadir pula Ketua Himpunan Mahasiswa Sejarah 2020, Fadhliyah Sakti Arzyandi, yang juga memberikan sepatah dua patah dalam sambutannya. Bahwasanya dia berharap untuk kedepannya akan ada peningkatan yang adaptif dan memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk menghadapi situasi terkini. Untuk menutup sambutannya ia mengucapkan terimakasih kepada pengurus sebelumnya (terutama yang melanjutkan kepengurusan) atas dedikasi dan loyalitasnya selama satu periode kepengurusan. Dilanjutkan dengan kata sambutan ketua Himpunan Sejarah 2021, Debora Alfi, dan dilakukan serah terima jabatan secara simbolis kepada pihak pertama, Fadhliyah Sakti Arzyandi dengan pihak kedua, Debora Alfi, kemudian pelantikan pengurus baru Himpunan Sejarah 2021. Acara ini ditutup dengan doa dan acara ini secara resmi dan simbolis menjadi awal yang baru untuk pengurus Himpunan Mahasiswa Sejarah 2021.

            Sehari setelah serah terima jabatan kepada pengurus baru Himpunan Mahasiswa Sejarah 2021 (28/02), langkah awal dari proses yang panjang dalam kepengurusan, dimulai dengan rapat kerja yang menjabarkan program kerja masing-masing divisi untuk periode kedepannya dengan Senat sebagai hadirin tambahannya. Acara ini dimulai sekitar pukul 13.15 WIB dengan dibuka oleh ketua Himpunan Mahasiswa Sejarah 2021 Debora Alfi dengan membacakan rundown acara. Acara dimulai dengan BPH Himpunan yang memaparkan struktur dari BPH yang terdiri dari ketua, wakil, sekretaris, bendahara, dan humas.

            Pemaparan program kerja Himpunan Mahasiswa Sejarah 2021 dimulai dengan Administrasi Himpunan Mahasiswa Sejarah yang dilakukan Februari-November 2021. Dilanjutkan dengan Publikasi Himpunan Sejarah maupun mahasiswa non Sejarah dengan pengangung jawab Divisi KMI. Dan puncak pemaparan program kerja Himpunan Sejarah 2021 adalah PKU (Pekan Kesejahteraan Undip 2021) yang mempunyai target audiensi mahasiswa sejarah tingkat Jateng/DIY, siswa SMA dan umum.

            Sekarang kita memasuki pemaparan program kerja masing-masing divisi di Himpunan Sejarah. Divisi pertama yang memaparkan prokernya adalah divisi Kewirausahaan dengan program kerja terdekat yaitu Paid Promote, program selanjutnya yaitu hoodie jurusan. Program ketiga merupakan program yang wajib bagi pengurus Himpunan Sejarah, yaitu Pin Himpunan, dan ditutup dengan program kerja opsional yaitu PDH Himpunan. Setelah divisi Kewirausahaan dilanjutkan dengan divisi PDSM dengan program kerja yaitu, Uprading Himpunan, program kerja kedua adalah Welcoming Party (untuk menyambut maba), program ketiga adalah LKMMPD, program keempat adalah HLT yang, program selanjutnya ada Kaderisasi yang akan dilaksanakan sekitar satu bulan, serta program kerja terakhir ada Sarah atau Sambat Sejarah.

            Divisi ketiga yang akan menjabarkan program kerjanya adalah Kastrat yang memiliki dua program kerja, pertama Fordim atau yang dikenal dengan nama Forum Diskusi Mahasiswa yang dilaksanakan sebulan sekali, dan program kerja kedua yaitu SEHABIS atau yang merupakan singkatan dari Sejarah Hari Besar dengan waktu pelaksanaan tiga kali dalam sebulan. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan proker oleh KESMA, proker pertama ialah Curma atau curhatan mahasiswa yang mana mewadahi seluruh apresisasi mahasiswa yang berada di prodi sejarah.  Berusaha mengadvokasi seluruh aspirasi dari mahasiswa kepada pihak berwenang dalam lingkup departemen sejarah.  Proker selanjutnya ialah SARAH SEHAN yang memiliki tujuan adanya keterkaitan antara mahasiswa dengan dosen sejarah dan juga menciptakan solidaritas yang memudahkan mahasiswa sejarah dalam kegiatan perkuliahan.

            Divisi selanjutnya yang akan memaparkan prokernya ialah Penerbitan. Yang mana terdapat sasaran kerja yaitu meningkatkan produktivitas menulis, melaksanaan mandat, mengusahakan kreativitas dan optimalisasi, menciptakan iklim kekeluargaan. Dari adanya sasaran kerja tersebut ialah terdapat program kerja yaitu dibagi menjadi 3 kategori yaitu kategori penulisan yang mencakup prasasti, bunga rampai, marah yang menjadi proker opsional. Lalu ada kategori jurnalistik yang mencakup laporan kegiatan dan program kerja workshop jurnalistik yang diusahakan akan dilaksanakan pada semester depan dan akan bekerja sama dengan LPM Manunggal, proker terakhir ialah Suara Uporia, proker prokernya akan menggunakan front dari divisi penerbitan yaitu instagram dan website penerbitan.

            Divisi yang selanjutnya ialah DIMAS yang akan memaparkan program kerjanya. Yang pertama ialah Sejarah berbagi yang berlatar belakang menuwjudkan salah satu :Tri Dharma Perguruan Tinggi” yaitu pengabdian masyarakat. Selanjutnya ialah Gerakan Sejarah Mengabdi yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran, kepedulian untuk terjun langsung mengabdi pada masyarakat. Proker yang terakhir ialah Learning From History yang mana mengabdi dengan edukasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat melalui publikasi artikel dan video edukasi dengan tema tertentu. Divisi selanjutnya ialah divisi PEKA yang akan memaparka prokernya, yang pertama ada Sinau Bareng Mahasiswa yang bertujuan menambah dan meningkatkan pengetahuan seputar materi dan keilmuan di bidang kesejarahan. Proker selanjutnya ialah KRL atau “Kuy Rekreasi Lama”, yang bertujuan untuk mengenalkan tempat bersejarah yang ada di Semarang kepada mahasiswa guna mencari informasi dari tempat tersebut.

Divisi terakhir yang memaparkan prokernya ialah SBO. Proker pertama ialah pendataan minat dan bakat yang memiliki tujuan untuk mengetahui dan nmenyaring minat dan bata mahasiswa baru jurusan Sejarah agar nantinya mempermudah memasukan grup yang telah dibuat oleh SBO. Yang kedua ialah Gali budaya nusantara dengan tujuan mengenalkan dan menambahkan wawasan mahasiswa tentang kebudayaan maupun kesenian yang ada di Nusantara dan proker ini bekerjasama dengan KMI. Proker ketiga adalah Historia E-Sport yang merupakan puncak dari peroker SBO yang berfokus dalam pembuatan turnamen game online dan dibagi menjadi tiga cabang yaitu game mobile, game konsol, dan game pc. Tujuannya adalah mengadakan turnamen yang dapat diikuti oleh masyarakat umum dan untuk menghasilkan profit dari turnamen ini. Selanjutnya ialah SESAT (Sejarah Sehat) memiliki tujuan mengajak mahasiswa jurusan Sejarah Undip untuk menekuni dan menggiati hobi para mahasiswa dalam hal olahraga. Lalu yang terakhir ialah proker sama antara SBO dan KMI yang membuatkan playlist di Spotify yang berisi lagu-lagu dan film guna menemani mahasiswa yang penat akan suasana perkuliahan.

            Di sepanjang acara rapat kerja kepengurusan Himpunan Mahasiswa Sejarah saling memberikan feedback untuk program kerja divisi lainnya. Tentu hal tersebut sangat memberikan motivasi di masing-masing divisi agar selalu memberikan terbaik dan berkontribusi secara nyata. Di kepengurusan Himpunan Mahasiswa Sejarah periode 2021 juga akan memberikan apresiasi di setiap bulannya kepada setiap divisi yang menampilkan performa secara konsisten dan totalitas dalam merealisasikan program kerja. Maka dari itu, kepengurusan Himpunan Mahasiswa Sejarah periode 2021 ini, pastinya harus memiliki rasa dedikasi yang tinggi, memberikan kebermanfaatan dan akan terus berjalan seirama.

Ilustrator : Divisi Kantor Media dan Informasi (KMI)

© Divisi Penerbitan HM Sejarah Undip 2021

Author: hmsejarah1980

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *