Upgrading dan Halal bi Halal HM Sejarah Undip 2021: Survive, Growth and Productive in a New Normal

HM Sejarah Undip kembali menggelar acara dengan tajuk Upgrading dan Halal bi Halal pada sabtu (22/05/21) sebagai bagian dari program kerja Divisi PSDM dengan tema Survive, Growth and Productive in a New Normal. Acara ini dibungkus dalam dua sesi yaitu Manajemen Waktu dan Leadership serta Komunikasi. Acara dibuka pukul 10.09 WIB oleh MC Rika Vrindia, dilanjutkan dengan pembacaan doa, sesi dokumentasi, kemudian kata sambutan dari Ketua Pelaksana Denio Artanipa Mulyana.

Sesi pertama dimulai pukul 10.20 WIB dengan materi Manajemen Waktu dan Leadership yang diisi oleh Fadhlylah Sakti Arzyandi dan dimoderator oleh Hanung Handarujati. Dibuka dengan pentingnya manajemen waktu dan leadership yang saya kutip “Manajemen waktu dibutuhkan untuk mengolah diri dan leadership dibutuhkan baik dalam organisasi maupun dalam kehidupan masyarakat yang bebas. Otoritas diri sendiri perlu untuk mencegah arus-arus negatif. Pemaparan manajemen waktu terdiri dari pengertian, cara mengelola waktu, faktor pengaruh prioritas, dan faktor penghambat.

Dilanjukan dengan pemaparan mengenai leadership. Leadership menurut  Fadhlylah Sakti Arzyandi adalah “Memimpin adalah seni mempengaruhi orang untuk bertindak semestinya. Bagaimana menciptakan kepemimpinan yang efektif? Bagaimanapun gaya spesifiknya yang penting bisa mengerti dan mencapai tujuan sekaligus menciptakan suasana yang tepat sasaran untuk rekan kerja yang lebih baik lagi disaat bisa demokratis dan tidak repetitif”. Ringkasan singkat dari materi leadership adalah sebagai berikut yaitu teori kepemimpinan, gaya kepemimpinan, dan hal yang diperlukan dalam memimpin. Sesi satu ditutup dengan diskusi dan tanya jawab dan berakhir pada pukul 11.47 WIB, serta dilanjutkan dengan Ishoma sampai pukul 12.30 WIB.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai komunikasi. Dimulai pukul 12.43 WIB yang diisi oleh Akhdiat Dimas Abimanyu dengan moderator Egi Salma Sugiharto. Ringkasan singkat dari materi komunikasi adalah sebagai berikut, pengertian komunikasi, tipe komunikasi, komunikasi yang efektif, dan problem solving. Pemaparan ditutup dengan catatan “Komunikasi bukan hanya tentang berbicara dan membalas, perjelas apa yang ingin dibahas, jangka pendek dan jangka panjang sebuah hasil itu sama pentingnya, libatkan semua orang, komunikasi dan problem solving itu perlu dilatih”. Materi selesai pukul 13.37 WIB dengan diskusi dan tanya jawab.

Setelah selesai acara inti, dilanjutkan dengan games Gartic yang terbagi menjadi tiga tim dengan pemenang masing-masing tim yaitu Debora Alfi Dwidi Teofani, Aisha Sukma Bening, dan Nisrina Fatin Nabila. Setelah acara games, ada penampilan spesial dari lagu Tulus yakni Manusia-Manusia Kuat. Acara ditutup dengan kesan pesan dari ketua pelaksana dan Ketua Himpunan Mahasiswa Sejarah Undip Debora Alfi Dwidi Teofani dengan kesan “Semoga bisa bermanfaat dan diaplikasikan terutama buat HM. Harapan buat proker yang berjalan juga semoga bisa tercapai. Jangan pernah segan untuk bersaran dan mengkritik”. Acara Upgrading dan Halal bi Halal HM Sejarah Undip berakhir pukul 14.31 WIB.

Ilustrator : Divisi Kantor Media Informasi (KMI)

Reporter : Nisrina Fatin Nabila dan Saddam Alfauzan

Penulis : Hawari Jaelani Fadilah

© Divisi Penerbitan HM Sejarah Undip 2021

Author: hmsejarah1980

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *